Senin, 24 Oktober 2011

CARA DISUKAI ORANG LAIN

Jujur yah, kita emang lebih gampang ngeliat yang jelek-jelek dari orang laen. Sifat-sifat yang positif justru sering kelewat dari perhatian kita, karna kita lebih sibuk ngegosipin kejelekan orang. Padahal, kalo kita ngeliat dari sisi yang laen, banyak yang bisa ditiru loh!
Coba inget-inget, siapa aja orang yang kamu kagumin karna: ramah, gak sombong walo punya banyak keahlian, atau yang lain. Kepribadian apa aja sih yang paling dikagumi sekaligus paling jarang ditemuin? Apa kamu pengen disukai teman-teman? Miliki kepribadian yang seperti ini yah….

Gak Egois
Jaman sekarang banyak orang yang gak punya waktu en gak tertarik ama kehidupan orang laen. Kalo ada orang yang gak egois, pasti langsung keliatan. Orang bisa bersikap gak egois dengan meluangkan waktu untuk orang laen, mau ngedengerin, en merhatiin kepentingan orang lain. Orang yang gak egois bikin orang di sekitarnya ngerasa dihargai dan dicintai. Orang yang egois tuh kebalikannya.

Toleransi
Orang yang punya toleransi bakal ngebuat kita ngerasa nyaman dengan diri kita sendiri, karna setiap orang emang berbeda en punya keunikan sendiri-sendiri. Perbedaan inilah yang bikin dunia jadi berwarna. Menerima orang lain apa adanya en gak mengharapkan mereka untuk jadi seperti yang kita mau adalah kepribadian yang penting untuk kebahagiaan hubungan kita ama orang laen.

Tulus
Sikap tulus en jujur penting banget di tengah budaya jaman sekarang yang lebih mementingkan kesempurnaan (walopun palsu atau dibuat-buat). Kalo kita bisa ngerasa nyaman dengan diri sendiri en bersikap jujur dengan pendapat-pendapat kita (gak takut dipandang aneh atau rendah ama orang laen), kita juga bisa nerima orang laen apa adanya, bukan cuman berdasarkan penampilan mereka.

Peka
Seringkali kita lebih terfokus ama kebutuhan kita en jadi gampang nyuekin kebutuhan orang laen. Mereka yang peka biasanya lebih bisa menghargai dan mempertimbangkan kebutuhan orang laen, membuat kita merasa dimengerti dan dihormati. Mereka juga biasanya mikirin dulu apa akibat dari omongan atau tindakan mereka ke orang laen.
Integritas
Kepribadian yang satu ini maksudnya nggak punya agenda tersembunyi, gak sembarangan mau ngelakuin apapun asal keinginan mereka tercapai, tapi mempertimbangkan bener atau salah, bisa dipertanggungjawabkan atau gak, bermanfaat atau merugikan buat orang laen ato gak. Intinya mempertimbangkan konsekuensi dari tindakannya.

Rendah Hati
Entah seseorang itu pinter banget, punya banyak bakat, atau cakep banget, kalo dia punya kerendahan hati, dia gak bakal menyombongkan diri bahwa dia tau semuanya setiap waktu. Orang yang rendah hati bukannya membuat orang laen di dekatnya ngerasa jadi minder, tapi justru juga merasa spesial dan termotivasi.
Sebenernya masih banyak sih kalo mau disebutin semua, menurutmu apa lagi kepribadian yang kamu kagumi dari orang laen en yang mau kamu punya? Pengen kan punya karakter yang baik biar disayang teman-teman?

"Bersikaplah baik kepada orang lain, meskipun mereka bersikap kasar kepadamu.Bukan karena mereka pantas menerima sikap baik, tapi karena kamu baik hati.”

sumber : www.planetpelajar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar